Sangat penting
bagi koperasi dan UKM untuk mengetahui dan memperhatikan faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangannya. Dan apabila dapat mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembngan nya maka koperasi dan UKM dapat membenahi
diri untik selalu meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan baik agar dapat berkembang serta menjalankan fungsi dan perannya dalam
menciptakan kemakmuran.
Adapun faktor faktornya
Partisipasi Angggota
Partisipasi merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan atau
perkembangan suatu organisasi. Melalui partisipasi segala aspek yang
berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan direalisasikan.
Solidaritas Antar Anggota Koperasi
Karena dengan ikatan ekonomi, ikatan solidaritas bisa dibangun secara lebih
kongkrit. Ikatan solidaritas ini pada kenyataannya juga bisa dikembangkan
untuk meraih tujuan gerakan yang lebih besar.
Perkembangan Modal
Perkembangan modal sangat mempengaruhi perkembangan usaha
koperasi karena dengan modal yang cukup besar dapat mengembangkan
usahanya yang lebih banyak lagi.
Ketrampilan Manajerial
Ketrampilan
manajerial di koperasi sangat penting karena organisasi yang baik adalah
organisasi yang memiliki manajemen yang baik koperasi tidak akan berkembang
tanpa fungsi pengaturan yang terarah. Dan dalam perencanaan program kerja
koperasi dan UKM harus mampu diterjemahkan oleh tim manajemen berdasarkan kesepakatan
di dalam rapat anggota tahunan (RAT).
Jaringan Pasar
Jaringan pasar merupakan suatu tempat untuk mencari pangsa pasar yang lebih
luas agar dapat memperoleh kentungan yang lebih besar. Bahwa Pelayanan koperasi dan UKM umumnya terfokus pada internal yang belum terbentuk jaringan.
Produk
Produk yang ditawarkan oleh suatu haruslah produk yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk lain, dengan
demikian konsumen pun akan merasa terpuaskan akan product yang ditawarkan oleh
koperasi tersebut.
Sistem prasarana, pelayanan, pendidikan dan penyuluhan.
Pengetahuan anggota koperasi dan UKM terhadap makna dan hakekat belum sepenuhnya dapat
dikatakan baik. Pelatihan dan penyuluhan anggota untuk meningkatkan kualitas
sumber daya insani anggota, meningkatkan kemampuan manajerial. Kualitas dan ketrampilan yang dimiliki
anggota koperasi dan UKM itu sangat penting. Karena dengan meningkatkan ketrampilan
dapat menghasilkan produk yang berdaya saing dan dapat memajukan koperasi.
Segmentasi
segmentasi utama dari repositioning koperasi
adalah industry, baik di Indonesia maupun dimanca negara. Konsumen jenis ini
disebut Industrial customers, yaitu konsumen institusi yang membeli untuk
menghasikan sesuatu, terutama untuk produk konsumsi, yaitu barang kebutuhan
sehari-hari.
Tingkat harga
Tingkat harga yang selalu berubah (naik) menyebabkan pendapatan penjualan
sekarang tidak dapat dimanfaatkan untuk meneruskan usaha, justru menciutkan
usaha. . Berbagai kendala dan tantangan tersebut menyebabkan koperasi belum
mampu berfungsi dan berperan sesuai harapan.
Komitmen pemerintah untuk menempatkan koperasi dan UKM sebagai soko guru nasional
Hal
ini ditunjukan dengan di kuasainya sebagian besar asset usaha oleh sebagian
kelompok kecil dan kelompok usaha besar. Jadi dengan adanya kebijakan
pemerintah disini masih dapat perhatian yang kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar