Sabtu, 09 Mei 2015

PROTON

PROTON (singkatan dari Perusahaan Otomobil Nasional Sdn. Bhd.) adalah produsen mobil dari Malaysia yang didirikan pada tahun 1983 atas inisiatif dari Perdana Menteri Malaysia saat itu, Mahathir Mohammad. Proton menjadi perusahaan produsen mobil yang pertama di Malaysia. Proton awalnya menggunakan teknologi dari perusahaan Jepang, Mitsubishi, namun kini juga telah berhasil mengembangkan teknologinya sendiri.
Sejarah proton
Berawal pada 1979, Tun Mahathir Mohamad selaku Bapak Modernisasi Malaysia yang kemudian menjadi deputi Perdana Menteri Malaysia, memunculkan ide untuk mendirikan perusahaan perakitan otomotif dan industri manufaktur di Malaysia. Hal ini dimaksudkan sebagai usaha Tun Mahathir untuk mempercepat kemampuan industrialisasi Malaysia dalam mengimbangi negara-negara maju. Keinginannya mulai terlaksana ketika Kabinet Malaysia menyetujui Proyek Mobil Nasional pada tahun 1982. Proton secara resmi didirikan pada tanggal 7 Mei 1983. Model pertama diluncurkan secara komersial adalah Proton Saga pada tanggal 9 Juli 1985. Pasar pertama Proton Saga adalah Singapura. Setahun setelah model pertama diluncurkan, Pada tahun 1986, Proton telah berhasil meluncurkan 10.000 buah mobil. Tahun berikutnya lebih dari 50.000 unit Proton Saga telah diproduksi dan dijual di Bangladesh, Brunei, Selandia Baru, Malta, Sri Lanka dan Inggris. Pada 1988, Proton memulai debutnya di British International Motorshow, berlangsung dengan sukses dengan meraih tiga penghargaan bergengsi untuk kualitas, coachwork dan ergonomi. Pada tahun 1996, Proton mencapai produksinya yang kesejuta dan mengakuisisi saham mayoritas dari Grup Lotus. Proton memasuki fase baru, berubah dari perusahan yang terkait dengan pemerintah menjadi perusahaan publik menyusul pengambilalihan oleh DRB-HICOM Berhad pada tahun 2012.

Proton di Indonesia
PT. PROTON Edar Indonesia (PEI) adalah produsen mobil PROTON di Indonesia. PEI telah beroperasi di Negara Indonesia sejak 2007 dan dalam pengembangan PROTON mendapat apresiasi yang baik dari pasar Indonesia. Model-model yang diperjual belikan di Indonesia, antara lain Savvy (Best City Car 2007, 2008), GEN.2 Persona, Gen 2,  Wira, Neo, Waja, Saga (Best Budget Sedan 2008), Exora (MPV Terbaik Dress-Up 2010), Neo CPS, Saga FL, Persona Elegance,  dan Exora Star (Best Small MPV),  Exora Star Supreme, Exora Star Executive, Exora Bold, Exora Prime & Exora Star FL, PrevĂ© Neo R3,  (2013 The Best Small Sedan dan the Best Price on Spec) dan Suprima S. PROTON. saat ini sangat agresif didalam mengembangkan seluruh jaringannya di seluruh Indonesia, dan pada bulan Juni 2014 PROTON telah memiliki 16 outlet penjualan dan 26 outlet pelayanan.

Pada Oktober 2014 dalam pembicaraan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak dikaji rencana RI dan Malaysia mengerjakan proyek produksi Mobil bersama. Malaysia akan melibatkan dan mengandalkan teknologi Proton, sedangkan Indonesia mengandalkan GEA produksi PT INKA (Industri Kereta Api). Proton dan Indonesia akan meluncurkan mobil ASEAN sebagai proyek yang laik setelah studi yang mendalam.

Barulah pada 6 Februari 2015, Proton menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan swasta asal Indonesia milik Hendropriyono, PT Adiperkasa Citra Lestari (Adiperkasa). Penandatanganan MoU itu disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur. Kehadiran Jokowi diindikasikan sebagai dukungan pengembangan mobnas Indonesia oleh Proton. Proton menyatakan bahwa kedua perusahaan akan melakukan studi kelayakan dan menjalani kerja sama dalam proyek mobnas di Indonesia. Chairman Proton Mahathir Mohammad mengatakan bahwa studi akan rampung dalam waktu enam bulan. Jika penelitian menunjukkan proyek tersebut layak, maka kedua perusahaan akan menandatangani perjanjian usaha patungan. Sepulangnya ke Indonesia, Presiden Jokowi membantah bahwa hal itu adalah proyek Mobnas dan menyatakan bahwa MoU tersebut adalah murni urusan bisnis antar swasta dan tidak ada campur tangan pemerintah di situ.

Penjualan proton
Pada 2012 perseroan mampu menjual 141.121 unit dengan penguasaan pangsa pasar (market share) mencapai 22,5 persen. Angka ini mengalami penurunan sekitar 11,1 persen dari capaian tahun sebelumnya di angka 158.657 unit dengan market share berkisar 26,4 persen. Begitupun dengan jumlah penjualan mobil 2013 yang hanya mencapai 138.753 unit, menurun 1,67 persen dibandingkan capaian 2012. 

Sedangkan tahun lalu, manajemen Proton diketahui hanya mampu menjual  produknya di angka 115.783 unit, atau anjlok 16,5 persen ketimbang penjualan pada 2013. Adapun market share Proton tahun lalu di Malaysia hanya berkisar 17,4 persen atau menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun 2011 yang berada di 26,4 persen. Di mana mobil jenis Saga masih menjadi produk unggulan Proton lantaran memiliki penjualan tertinggi disusul varian Exora, Persona dan Preve.

Dengan membukukan pendapatan usaha sebesar RM 7.1 miliar pada 2014, Proton diketahui menyumbang sekitar 63 persen dari pendapatan total segmen otomotif Malyasia yang mencapai angka RM 11,23 miliar.

Proton exora terbaik
Salah satu produk otomotif hasil karya proton yang paling populer adalah Mobil proton seri Exora. Seri Exora ini adalah Produk otomotif bermodelkan MPV pertama hasil kreasi Negeri Jiran. Selain di Negara Malaysia, mobil proton seri Exora ini juga dirilis di  Tanah Air Indonesia.

Mobil Proton ini dilengkapi interior yang futuristik dimana anda akan sangat dimanjakan dengan berbagai fitur seperti Bluetooth, MP3, Audio CD support WMA dan radio. Karena mobil proton ini didesain seminimal mungkin untuk tetap terlihat modern dan canggih namun tetap dengan harga jual yang ringan di kantong apabila dibandingkan mobil mobil sejenis dengan kualitas setara.

Mobil Proton seri Exora ini adalah mobil yang telah dibekali mesin handal dengan kemampuan daya pacu yang dahsyat sekaliber  1.6 liter turbocharged.  Kehebatan dari mesin ini mampu menciptakan daya yang besar hingga 138 dk dengan besaran torsi hingga mencapai 205 Nm di putaran angka 2.000 rpm. Mengenai masalah transmisi dari mobil ini, Mobil ini menyediakan satu pilihan saja yaitu transmisi matik CVT yang dapat menghasilkan tenaga dari mesin ke bagian dua roda depan atau bagian FWD.

Bagi anda yang gemar berpetualang ke luar kota dengan menyetir mobil sendiri maka mobil proton ini dapat menjadi teman yang layak anda percaya menemani berpetualang. Dengan kondisi mobil yang bermuatan penuh pun, anda tetap mendapatkan kehebatan akselerasi dan tenaga dari mobil proton ini. Menurut hasil test drive, anda jangan terlalu mematok dari angka tulisan torsi mobil yang berkisar mentok diangka 205 Nm tapi bagaimana raihan putaran mesin yang rendah antara 2000-4000 rpm namun dapat menghasilkan kekuatan pacu maksimal. Keunggulan keunggulan diatas telah saya bahas dengan detail namun terdapat satu kekurangan sepele dan tidak begitu terasa seperti kinerja dari CVT-nya yang kurang responsiv.

Pengikut